BNP Bali

Desain interior adalah seni memperindah ruang dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan dan fungsional. Ini melibatkan penggunaan elemen-elemen seperti warna, tekstur, pencahayaan, dan furnitur untuk menciptakan estetika yang memikat dan membuat ruang menjadi lebih efisien. Namun, di balik keindahan visualnya, ada prinsip-prinsip dasar yang menjadi landasan setiap desain interior yang sukses. Inilah beberapa prinsip dasar yang harus diperhatikan dalam setiap proyek desain interior:

1. Keselarasan (Harmony)

Keselarasan adalah prinsip yang menciptakan keseimbangan visual dalam sebuah ruangan. Ini melibatkan penggunaan elemen-elemen desain yang saling melengkapi dan menyatu secara harmonis. Dalam menciptakan keselarasan, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti skala, proporsi, warna, dan tekstur agar tidak ada elemen yang mendominasi ruang secara berlebihan.

2. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan dalam desain interior dapat diperoleh melalui dua cara: keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris. Keseimbangan simetris menciptakan kesan yang stabil dengan menempatkan elemen-elemen yang sama di kedua sisi ruangan, sementara keseimbangan asimetris menciptakan ketertarikan visual dengan mempertimbangkan berat visual dari setiap elemen.

3. Fokus (Emphasis)

Fokus adalah titik pusat perhatian dalam sebuah ruangan. Ini bisa berupa fitur arsitektur yang menarik, furnitur yang mencolok, atau bahkan karya seni yang menonjol. Menciptakan fokus yang jelas membantu mengarahkan pandangan dan menciptakan hierarki visual yang kuat dalam ruang.

4. Ritme (Rhythm)

Ritme dalam desain interior menciptakan aliran visual yang menyenangkan. Ini bisa dicapai melalui pengulangan pola, warna, atau bentuk dalam ruangan. Ritme membantu menciptakan kesan yang konsisten dan menghubungkan semua elemen secara visual.

5. Proporsi (Proportion)

Proporsi yang tepat adalah kunci untuk menciptakan ruang yang seimbang dan nyaman. Ini melibatkan hubungan antara ukuran, bentuk, dan posisi berbagai elemen dalam ruangan. Memahami proporsi membantu menghindari kesan yang tidak seimbang atau terlalu penuh dalam desain.

6. Kontras (Contrast)

Kontras menciptakan ketegangan visual yang menarik dalam ruang. Ini bisa dicapai melalui perbedaan dalam warna, tekstur, atau bentuk antara elemen-elemen desain. Kontras membantu menarik perhatian dan menciptakan kedalaman visual dalam ruangan.

7. Keterbacaan (Readability)

Keterbacaan adalah kemampuan untuk dengan jelas memahami dan menginterpretasikan ruang. Ini mencakup tata letak yang intuitif, pencahayaan yang memadai, dan penggunaan warna yang tepat untuk memfasilitasi fungsi ruang. Ruang yang mudah dibaca memastikan pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan lingkungan.

Kesimpulan

Prinsip-prinsip dasar ini membentuk fondasi setiap proyek desain interior yang sukses. Dengan memahami dan menerapkan prinsip-prinsip ini, seorang desainer dapat menciptakan ruang yang tidak hanya estetis memikat tetapi juga fungsional dan nyaman untuk ditinggali. Jadi, saat Anda memulai proyek desain interior berikutnya, ingatlah untuk memperhatikan prinsip-prinsip dasar ini untuk mencapai hasil yang memuaskan.

Client Kami

Kerja sama usaha, baik yang dilakukan berdasarkan prinsip patungan usaha dan prinsip pengusahaan, merupakan praktik bisnis yang dilakukan dengan prinsip saling menguntungkan (mutual benefit).

Customer Benefits

Berkualitas

Kami selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas di setiap project pembangunan yang kami kerjakan, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Professional

Team yang handal dan professional senantiasa dapat membantu mewujudkan bangunan anda dengan memberikan layanan terbaik mereka.

Gratis Konsultasi

Sebelum melakukan pembangunan, tentunya anda perlu melakukan konsultasi agar bangunan yang anda inginkan dapat terealisasi dengan tepat.

Bergaransi

Setiap pembangunan yang kami kerjakan, kami akan memberikan garansi selama 6 bulan penuh untuk menjamin kualitas bangunan anda terjaga dan kokoh.

Berpengalaman

Kami adalah kontraktor bali yang telah berpengalaman selama 13 tahun mengerjakan berbagai jenis bangunan mulai dari vila, rumah, cafe, & residence

Harga Bersaing

Kami dapat mewujudkan bangunan impian anda dengan budget yang dapat anda sesuaikan tanpa mengurangi kualitas layanan kami

Hubungi Kami
Untuk Keperluan Kontraktor Anda di Bali

Kami siap untuk survey lokasi anda terlebih dahulu.  Anda dapat mengkonsultasikan apapun kebutuhan kontraktor anda kepada kami BNP Bali! Design dari anda maupun dari kami. Kami didukung oleh Tim yang professional mulai dari tahap desain hingga produksi.

Dengan ide, kreativitas, pengalaman dan kerja sama tim yang baik kami siap membantu anda mewujudkan impian anda berbagai material yang menarik dengan kualitas prima.

Visit Us