BNP Bali

Jembatan adalah struktur penting yang membantu manusia menyeberangi sungai, lembah, dan jalur lainnya. Ada beberapa jenis konstruksi jembatan yang digunakan di seluruh dunia. Mari kita bahas beberapa di antaranya dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.

1. Jembatan Gantung

jenis konstruksi jembatan gantung
Sumber : Wikipedia

Jembatan gantung adalah jembatan yang didukung oleh kabel baja yang menggantung di tiang atau menara. Jembatan ini sering digunakan untuk menyeberangi sungai lebar atau lembah dalam.

2. Jenis Jembatan Baja

jenis konstruksi jembatan baja
Sumber : Tribun Gayo

Jembatan Truss merupakan jenis konstruksi jembatan yang kuat karena menggunakan kerangka truss yang berbentuk segitiga. Walaupun tiang jembatan tidak ditanamkan ke dalam tanah, namun tiang tersebut bisa menjadi lebih kokoh berkat penggunaan kerangka yang berbentuk segitiga yang menghubungkan satu tiang dengan tiang lainnya.

Di samping itu, garis-garis diagonal pada tiang jembatan juga berperan dalam mentransfer beban ke area yang lebih luas, sehingga beban tidak terkumpul di satu titik.

Baca Juga : Proses Konstruksi Bangunan

3. Jembatan Beton

jembatan beton
Sumber : PNG Tree

Jembatan beton dibangun dengan menggunakan beton sebagai bahan utama. Beton adalah bahan konstruksi yang kokoh dan tahan lama, membuatnya ideal untuk jembatan di area perkotaan dan jalur lalu lintas padat.

4. Jembatan Batu

jembatan batu
Sumber : Wikipedia

Jembatan batu dibangun dengan menggunakan batu-batu besar yang disusun dengan rapi. Jembatan ini memiliki tampilan estetika yang indah dan sering ditemukan di daerah pedesaan atau tempat wisata.

5. Jembatan Kayu

jenis konstruksi jembatan kayu
Sumber : Research Gate

Jembatan kayu terbuat dari kayu yang kuat dan sering digunakan di daerah pedesaan atau hutan. Meskipun umumnya lebih sederhana, jembatan kayu dapat menjadi pilihan yang ramah lingkungan dan ekonomis.

Baca Juga : Perencanaan Proyek Konstruksi

6. Jembatan Kabel

jembatan kabel
Sumber : Wikipedia

Jembatan kabel menggunakan kabel baja yang ditarik tegang di antara tiang-tiang penyangga. Mereka biasanya digunakan untuk jembatan yang panjangnya mencapai ratusan meter dan memerlukan konstruksi yang presisi.

7. Arch Bridge/Jembatan Lengkung

jembatan lengkung
Sumber : Detik Travel

Arch bridge, yang dalam Bahasa Indonesia artinya jembatan lengkung. Merupakan sebuah jembatan yang dibangun dengan cara melengkung seperti sebuah busur panah. Meskipun sebenarnya pembuatan jembatan ini lebih menghemat biaya dan material, jenis konstruksi jembatan ini bisa lebih kuat dari jenis jembatan beton atau baja.

Sekarang kamu tahu beberapa jenis konstruksi jembatan yang berbeda! Setiap jenis jembatan memiliki kegunaan dan karakteristiknya sendiri. Semoga pengetahuan ini membantu kamu memahami lebih banyak tentang dunia konstruksi jembatan

Client Kami

Kerja sama usaha, baik yang dilakukan berdasarkan prinsip patungan usaha dan prinsip pengusahaan, merupakan praktik bisnis yang dilakukan dengan prinsip saling menguntungkan (mutual benefit).

Customer Benefits

Berkualitas

Kami selalu menggunakan bahan-bahan yang berkualitas di setiap project pembangunan yang kami kerjakan, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Professional

Team yang handal dan professional senantiasa dapat membantu mewujudkan bangunan anda dengan memberikan layanan terbaik mereka.

Gratis Konsultasi

Sebelum melakukan pembangunan, tentunya anda perlu melakukan konsultasi agar bangunan yang anda inginkan dapat terealisasi dengan tepat.

Bergaransi

Setiap pembangunan yang kami kerjakan, kami akan memberikan garansi selama 6 bulan penuh untuk menjamin kualitas bangunan anda terjaga dan kokoh.

Berpengalaman

Kami adalah kontraktor bali yang telah berpengalaman selama 13 tahun mengerjakan berbagai jenis bangunan mulai dari vila, rumah, cafe, & residence

Harga Bersaing

Kami dapat mewujudkan bangunan impian anda dengan budget yang dapat anda sesuaikan tanpa mengurangi kualitas layanan kami

Hubungi Kami
Untuk Keperluan Kontraktor Anda di Bali

Kami siap untuk survey lokasi anda terlebih dahulu.  Anda dapat mengkonsultasikan apapun kebutuhan kontraktor anda kepada kami BNP Bali! Design dari anda maupun dari kami. Kami didukung oleh Tim yang professional mulai dari tahap desain hingga produksi.

Dengan ide, kreativitas, pengalaman dan kerja sama tim yang baik kami siap membantu anda mewujudkan impian anda berbagai material yang menarik dengan kualitas prima.

Visit Us